Connect with us

Mahkamah

Mengungkap Makna Di Balik Mahkamah Konstitusi Logo

Mengungkap Makna Di Balik Mahkamah Konstitusi Logo – Pathar Mangimbur Permahadi Menunggu… Pengacara – PATAR MANGIMUR PERMAHADI, SH., MH., lahir di Medan pada tanggal 9 Oktober 1991, menyelesaikan program studi hukumnya di Universitas. HKBP Nommensen Medan dan Magister Hukum di universitas tersebut. Prima Indonesia Medan, Pengacara/Penasihat Hukum, Patar Mangimbur Permahadi, Sh., MZ & A Jl. Blok Matahari no. V 267 Perumahan National Helvetia, Medan, Indonesia

PATAR MANGIMUR PERMAHADI, SH., MH., lahir di Medan pada tanggal 9 Oktober 1991, lulus dari fakultas hukum. HKBP Nommensen Medan dan Magister Hukum di universitas tersebut. Prima Indonesia Medan, Pengacara/Penasihat Hukum, Patar Mangimbur Permahadi, Sh., MZ & A Jl. Blok Matahari no. V 267 Perumahan National Helvetia, Medan, Indonesia. Beliau juga merupakan dosen di Fakultas Hukum Univ.Prima Indonesia Medan

Mengungkap Makna Di Balik Mahkamah Konstitusi Logo

Mengungkap Makna Di Balik Mahkamah Konstitusi Logo

Perkembangan teknologi digital telah sangat mengubah kehidupan sosial masyarakat. Dunia digital yang serba cepat saat ini berarti bahwa semua sektor harus siap untuk perubahan, kolaborasi, fleksibilitas, dan teknologi baru. Kemajuan teknologi telah mengubah sistem peradilan di Indonesia untuk menjamin transparansi dan keadilan dalam penegakan hukum. Pengadilan menggunakan perkembangan teknologi ini melalui keadilan digital. Hal ini menjadi faktor penting bagi lembaga peradilan, agar para pencari keadilan dapat dengan mudah menjangkau pengadilan, termasuk kantor-kantor yudisial Mahkamah Konstitusi.

Majalah Artefak Edisi 2022 By Hima Fib Ugm

Mahkamah Konstitusi merupakan salah satu lembaga negara yang menjalankan kekuasaan kehakiman yang merdeka guna menjunjung tinggi hukum dan keadilan. Mahkamah Konstitusi sendiri merupakan teori hukum dan negara modern abad ke-20. berdasarkan perkembangannya pada abad ke-19. Setelah pengesahan Perubahan Ketiga UUD 1945, sampai dengan terbentuknya Mahkamah Konstitusi, diputuskan oleh Majelis Permusyawaratan Nasional, maka Mahkamah Agung akan menjalankan tugas sementara Mahkamah Konstitusi sebagaimana dimaksud dalam Pasal III huruf d. . Mahkamah Konstitusi. UU Peralihan UUD 1945 dari amandemen keempat.

Pada tanggal 13 Agustus 2003, dibentuk Mahkamah Konstitusi yang yurisdiksinya diatur dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2020 pada perubahan ketiga Undang-undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Pemerintahan Kerajaan. . Indonesia. terkait dengan konstitusi pengadilan

UUD 1945, hal. 24C. Berdasarkan amandemen ketiga Ā§ (1), Mahkamah Konstitusi memiliki empat kekuasaan dan satu tanggung jawab, sebagai berikut:

Selain itu, Mahkamah Konstitusi juga harus memberikan putusan kepada DPR mengenai dugaan pelanggaran hukum oleh Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan UUD 1945.

Penegakan Konstitusi Di Era Digitalisasi Halaman 1

Tata tertib yang dikeluarkan oleh Mahkamah Konstitusi untuk memperkuat konstitusi Indonesia, peran Mahkamah Konstitusi adalah mengawasi pelaksanaan dan penghormatan konstitusi oleh pemerintah dan warga negara.

Menurut pernyataan di atas, Mahkamah Konstitusi bertindak sebagai penjaga konstitusi, demokrasi dan hak-hak dasar. Jika ada undang-undang yang membatasi atau menghapuskan hak-hak dasar, atas permintaan rakyat, Mahkamah Konstitusi Pemerintah Indonesia dapat melakukan tugasnya untuk melindungi, memajukan, dan memulihkan hak-hak dasar warga negara dari kekerasan tersebut. dan menjaga kepercayaan publik Idenya adalah untuk menyelesaikan sengketa konstitusional. Menjunjung tinggi prinsip keadilan.

Di tahun 2021, di era digital, Mahkamah Konstitusi menunjukkan penghormatan terhadap hak dasar warga negara Indonesia sesuai dengan kecepatan teknologi dalam Undang-Undang Nomor 1 Mahkamah Konstitusi Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Persidangan Jarak Jauh. Sistem ini bertujuan untuk membangun peradilan yang modern dan handal dengan menjamin kemudahan negara dalam menangani berbagai tuntutan hukum, dengan mengikuti prinsip peradilan yang cepat, transparan, sederhana dan murah. .

Mengungkap Makna Di Balik Mahkamah Konstitusi Logo

Asas peradilan cepat, jelas, sederhana dan murah dimaksudkan untuk menerapkan prosedur peradilan dan keadilan itu sendiri pada seluruh lapisan masyarakat. Asas ini erat kaitannya dengan upaya penerapan salah satu unsur hukum, yaitu persamaan di depan hukum. Jika pengadilan rumit dan rumit, rumit dan mahal, hanya sekelompok orang yang memiliki kesempatan untuk menuntut di pengadilan, dan pada akhirnya hanya merekalah yang dapat menikmati pengadilan.

Guntur Hamzah Harus Mengundurkan Diri Demi Citra Baik Mahkamah Konstitusi

Salah satu contoh penggunaan prinsip praktik cepat, mudah, dan murah adalah menggabungkan mata pelajaran dengan hal yang sama, terutama dalam hal uji klinis. Hal ini terdapat dalam Pasal 11 (6) PMK. UU No. 6 Tahun 2005 tentang Tata Tertib Peninjauan Kembali menyatakan bahwa perkara dapat digabungkan atas permintaan pengadilan dalam hal (a) pokok perkaranya sama dengan gugatan; b) sehubungan dengan permintaan material; atau c) memeriksa permohonan pemohon.

Hal itu demi kepuasan negara dalam pelaksanaan tuntutan konstitusi untuk mengakui hak-hak dasar rakyat Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Oleh karena itu, penerapan tatanan digital yang diterapkan oleh Mahkamah Konstitusi merupakan hal yang baik dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan, khususnya dalam mendukung negara hukum Republik Indonesia.

Saya Patar Mangimbur Permahadi, SH, MZ. SELAMAT HUT KONSTITUSI REPUBLIK INDONESIA YANG KE 20 (13 Agustus 2003). hanya orang yang menjaga konstitusi, peradilan khusus yang melindungi hak-hak dasar warga negara dan polisi demokrasi dapat menjadi organisasi yang terus berinovasi dalam teknologi dan terus menjaga kepercayaan publik terhadap keputusan yang tepat, baik dan bermakna bagi masyarakat. mengembangkan budaya perusahaan. mudah di negeri yang kita cintai ini

Selain itu, karena teknologi sangat sensitif terhadap peretasan dan/atau peretasan, kami berharap Mahkamah Konstitusi meningkatkan keamanan sistem komunikasi agar masyarakat dapat selalu mendapatkan informasi terkait aturan tersebut. oleh Mahkamah Konstitusi., Jakarta Tugas dan fungsi Mahkamah Agung, yang perlu Anda ketahui tentang lembaga tertinggi negara. Mahkamah Agung Pemerintah Indonesia adalah negara tingkat tinggi dalam ketatanegaraan Indonesia, yang memegang kekuasaan kehakiman bersama-sama dengan Mahkamah Konstitusi dan bebas dari pengaruh cabang pemerintahan lainnya.

Pdf) Peran Mahkamah Konstitusi Mencegah Gejala Autocratic Legalism Di Indonesia

Mahkamah Agung terdiri dari Presiden, Wakil Hakim, Sekretariat Mahkamah Agung dan Sekretariat Mahkamah Agung. Ketua dan Wakil Hakim Agung adalah Ketua Mahkamah Agung, jumlah hakim maksimal 60 orang.

Berdasarkan UU No. 5 Tahun 2004, pimpinan Mahkamah Agung terdiri dari presiden, 2 wakil presiden dan beberapa presiden muda. Wakil Ketua Mahkamah Agung meliputi Wakil Presiden yang membidangi yudikatif dan Wakil Presiden yang membidangi bidang non-yudisial.

Wakil presiden yang membidangi keadilan membawahi presiden pemuda pemerintahan, presiden pemuda kriminal, presiden pemuda agama, dan presiden pemuda administrasi negara. Saat ini, Wakil Presiden Bidang Hukum membawahi Presiden Muda Pengawasan dan Presiden Muda Pengawasan.

Mengungkap Makna Di Balik Mahkamah Konstitusi Logo

Sebagai pengadilan tertinggi negara, tugas dan fungsi Mahkamah Agung sebagai Pengadilan Kasasi adalah untuk mendorong kesetaraan dalam penerapan hukum melalui putusan hukuman dan peninjauan kembali untuk memastikan bahwa semua peraturan perundang-undangan ditegakkan di negara Republik Indonesia. . digunakan secara benar, tepat dan benar.

Pdf) Peran Mahkamah Konstitusi Dalam Reformasi Sistem Negara Indonesia The Role Of The Constitutional Court In Reforming The Indonesian State System

Kompetensi Mahkamah Agung juga mencakup analisis dan putusan pertama dan terakhir dari semua sengketa hukum yang berkaitan dengan kekuasaan kehakiman, permohonan peninjauan kembali atas putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap (Pasal 28, 29, 30, 33, dan 34 UUD 1945). ). UU tentang Mahkamah Agung, No. 14 UU 1985), dan semua sengketa yang timbul dari penyitaan kapal asing dan muatannya oleh kapal Pemerintah Indonesia berdasarkan peraturan yang relevan (Bab 33 dan 78 UU Mahkamah Agung No. 14). 1985).

Fungsi pengadilan adalah hak untuk meninjau, yang berarti hak untuk memeriksa / mengevaluasi pentingnya peraturan perundang-undangan menurut undang-undang, menurut apakah isi (item) peraturan tersebut bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi (Pasal 31) . ). UU Mahkamah Agung No. 14 Tahun 1985

Tugas dan fungsi Mahkamah Agung yang kedua adalah melakukan pengawasan tertinggi terhadap penyelenggaraan peradilan di semua pengadilan untuk menjamin dilaksanakannya putusan secara seksama dan adil. Hal ini mengarah pada asas peradilan sederhana, cepat dan murah, tanpa mengurangi kebebasan hakim dalam memeriksa dan memutus perkara (Pasal 4 dan 10 UU Tata Usaha Negara No. 14 Tahun 1970).

Kerja pengadilan dan tingkah laku para hakim, serta tingkah laku para pejabat pengadilan dalam menjalankan tugasnya berkaitan dengan pelaksanaan fungsi pokok peradilan. Ini termasuk menerima, menyelidiki, menilai dan memutuskan semua kasus yang diajukan kepadanya. Kemudian menanyakan tentang masalah peradilan dan memberikan teguran, teguran dan petunjuk bila perlu tanpa mempengaruhi kebebasan hakim (Pasal 32 UU MA No. 14 Tahun 1985).

Ini Tahapan Sidang Sengketa Pilpres Di Mahkamah Konstitusi

Tugas dan fungsi Pengadilan Tinggi juga dapat mengatur hal-hal yang diperlukan untuk kelancaran administrasi pengadilan apabila ada hal-hal yang tidak diatur dengan baik oleh Undang-Undang Pengadilan Tinggi.

Ini merupakan perluasan untuk mengisi celah atau cacat hukum yang diperlukan untuk kelancaran proses peradilan (Bab 27 UU 14 Tahun 1970, Pasal 79 UU 14 Tahun 1985).

Mahkamah Agung juga dapat membuat aturan acara sendiri jika menganggap bahwa prosedur hukum sudah cukup.

Mengungkap Makna Di Balik Mahkamah Konstitusi Logo

Tugas dan fungsi Mahkamah Agung lainnya adalah memberikan nasehat atau kajian hukum kepada perguruan tinggi negeri lainnya (Pasal 37 UU 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung).

Makna Ketua Kpk Sebut Ada Nama Besar Dalam Korupsi E Ktp

Mahkamah Agung menasihati Presiden, sebagai kepala negara, apakah memberikan atau menolak grasi (Pasal 35 UU No. 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung).

Selain itu, menurut Pasal 14 (1) Perubahan Pertama Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Mahkamah Agung diberikan kekuasaan untuk meninjau negara presiden selain pengampunan dan perbaikan. Namun, dalam hal pertimbangan hukum terkait rehabilitasi, sampai saat ini belum ada undang-undang yang mengatur pelaksanaannya.

Tugas dan fungsi Mahkamah Agung diatur dalam Pasal 25. Sesuai dengan pelaksanaan ketentuan Pasal 25 UU, Mahkamah Agung dapat meminta keterangan dan memberikan petunjuk kepada pengadilan di semua wilayah hukum. Pasal 14 Tahun 1970 tentang Ketentuan Pokok Pengadilan. (Bab 38 UU 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung).

Pengadilan (pengadilan sipil, pengadilan agama,

Buku Modul Kuliah Pancasila

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DISKLAIMER: Konten yang disajikan di situs ini bertujuan untuk memberikan klarifikasi atas berbagai informasi hoaks yang beredar di internet. Kami tidak bertanggung jawab atas kebenaran atau kesalahan informasi yang diberikan oleh pihak lain.

Kami berusaha sebaik mungkin untuk memeriksa kebenaran setiap informasi sebelum disajikan, namun tidak dapat menjamin keakuratan dan kelengkapan informasi tersebut. Penggunaan informasi yang disajikan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembaca. Kami juga tidak bertanggung jawab atas konsekuensi apapun yang terjadi akibat penggunaan informasi yang disajikan di situs ini.

Ā© 2023 AwasHoax!