Connect with us

Pidana

Pidana Tambahan: Definisi Dan Jenis-jenisnya

Pidana Tambahan: Definisi Dan Jenis-jenisnya – Jenis-jenis hukuman Untuk hubungan satu hukuman dengan hukuman lainnya, hukuman pokok (hukuman Al-Ashaliyyah), yaitu hukuman pokok yang telah ditentukan.

Presentasi dengan topik: “Keragaman hukuman dari sudut pandang kekerabatan dengan hukuman lain. Hukuman utama (hukuman Al-Ashalyah), yaitu hukuman utama yang diidentifikasi” – transkrip presentasi:

Pidana Tambahan: Definisi Dan Jenis-jenisnya

Pidana Tambahan: Definisi Dan Jenis-jenisnya

1- Jenis hukuman dalam kaitannya dengan kekerabatan satu hukuman dengan hukuman lainnya, dan hukuman utama (hukuman Achillean), yang merupakan hukuman dasar yang ditentukan untuk tindak pidana. Contoh hukuman kishsha (pembunuhan), potong tangan (pencurian), hukuman pengganti (hukuman pengganti), yaitu hukuman yang menggantikan pidana pokok jika pidana pokok tidak dapat dilaksanakan karena alasan hukum. Seperti hukuman uang darah sebagai pengganti hukuman qisish, hukuman taā€™zir sebagai alternatif hukuman hadd, dan hukuman qisish.

Penangkapan Dalam Hukum Acara Pidana

2 Pidana tambahan, yaitu pidana yang mengikuti pidana asal tanpa perlu ada penetapan khusus dari hakim. Misalnya, seorang pembunuh atau murtad tidak dapat menerima warisan atau menjadi saksi bagi para pelaku hukuman pelengkap Gaddafi, yaitu hukuman yang menyertai hukuman utama dengan keputusan khusus hakim. Misalnya mengikat tangan pencuri yang terpenggal di lehernya, memaksa koruptor memakai pakaian antikorupsi.

Penalti tunggal (single), yaitu hukuman yang tidak mempunyai minimum atau maksimum. Misalnya, hukumannya adalah 80 cambukan untuk jari gaddaf dan 100 cambukan untuk jari zina. Penalti dengan dua pidana (batas atas dan batas bawah), disini hakim diberikan kebebasan untuk memilih pidana yang sesuai diantara kedua batasan tersebut, misalnya pidana penjara dan cambuk dengan Jari Merah (80 cambukan dan 40 cambukan). 3

Hukuman ditentukan oleh bentuk dan panjangnya, dan hukuman ditentukan oleh bentuk dan jenisnya oleh siari’. Contoh hukuman paksa (kibbet adat)/hudud. Hukuman tidak ditentukan oleh bentuk dan jumlahnya, dan hukuman tidak ditentukan oleh bentuk dan jenis syariah. Contoh hukuman pilihan (kubah mukhaiiarah)/ta’zir. 4

Hukuman badan, yaitu hukuman yang dijatuhkan pada tubuh pelaku, seperti hukuman mati, cambuk, dan penjara. Sebagai departemen hukuman, denda dan taksi 5

Pidana & Pemidanaan Di Berbagai Negara

Grad “p daftar otoritas penjatuhan sanksi hakim menentukan bentuk dan jenis hukuman kewajiban merasakan hukuman tempat hukuman utama hukuman alternatif hukuman tambahan berupa denda dan hukuman tambahan jumlah hukuman tidak spesifik penalti berupa penalti kuota seumur hidup kuota batas tunggal penalti penalti ganda (maksimum dan minimum) FINE Ks Conference

Download ppt “Keberagaman hukuman ditinjau dari kekerabatan hukuman dengan hukuman lain yang lebih besar (hukuman Achilles), yaitu hukuman terbesar yang dapat diidentifikasi.”

Agar situs web ini berfungsi, kami mencatat data pengguna dan membaginya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs ini, Anda harus menyetujui Kebijakan Privasi kami, termasuk Kebijakan Cookie kami Memahami Hukum Pidana dan hal-hal lain yang perlu diketahui – Ternyata Mempelajari Hukum harus menjadi sesuatu yang dapat dilakukan semua orang

Pidana Tambahan: Definisi Dan Jenis-jenisnya

Banyak orang yang memang merasa malas jika harus belajar hukum. Biasanya alasan sebagian orang malas adalah karena banyak yang harus dipahami.

Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum (abh)

Padahal kalau dipikir-pikir, hal-hal yang berhubungan dengan hukum seharusnya menjadi ilmu dasar yang dipelajari setiap orang.

Mempelajari hukum juga merupakan salah satu cara bagi masyarakat untuk menambah pengetahuannya tentang hukum. Apalagi bagi Anda yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Jurusan Hukum dan Jurusan Politik. Nah, bagi kamu yang baru mulai mempelajari dasar-dasar hukum pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai istilah dan jenis hukum kan?

Salah satunya yang sering Anda dengar adalah hukum pidana. Jenis hukum ini adalah jenis yang paling sering terjadi dalam hal-hal yang berkaitan dengan hukum karena mengatur hampir semua kegiatan manusia dalam tindakan dan pembawaan.

Kasus pengadilan dalam pemberitaan media sering merujuk pada kasus hukum pidana, mulai dari kasus korupsi pejabat, pencurian, pencurian, penipuan, dan sebagainya. Nah, pada artikel ini Anda akan mempelajari apa itu hukum pidana? Apa saja yang termasuk dalam hukum pidana? Langsung saja, simak di bawah ini!

Asas Asas Hukum Pidana

Seperti yang telah disebutkan di atas, hukum pidana merupakan salah satu jenis hukum yang berlaku di Indonesia. Di Indonesia, ada berbagai jenis undang-undang, tergantung pada dasar pembagiannya.

Namun secara umum jenis hukum di Indonesia dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu hukum publik dan hukum privat. Hukum umum mengacu pada hukum yang mengatur hubungan antara setiap warga negara dan negara. Undang-undang ini bersifat menyeluruh dan berlaku untuk semua warga negara.

Sedangkan hukum privat kebalikannya. Hukum ini mengatur hubungan manusia antara satu orang dengan orang lain, dan berhubungan dengan kepentingan individu.

Pidana Tambahan: Definisi Dan Jenis-jenisnya

Jenis-jenis hak yang sesuai dengan hukum publik, dengan memperhatikan sifatnya yang mengatur hubungan antara warga negara dengan negara

Mengenal Beberapa Asas Dalam Hukum Acara Perdata

Namun demikian, dalam hal ini masih terdapat aturan-aturan dalam hukum pidana perdata yang menurutnya negara tidak dapat dengan sendirinya memberlakukan aturan-aturan tersebut tanpa ada permintaan dari pihak yang dirugikan.

Banyak ahli yang mempunyai pendapat tentang pengertian hukum pidana. Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa pengertian hukum secara umum belum menemukan titik pengertiannya. Hukum tidak dapat didefinisikan dari sudut pandang tunggal karena sifatnya yang multidimensi.

Meskipun demikian, ada banyak batasan yang dapat menentukan hukum, termasuk hukum pidana. Menurut penulis Belanda Derkje Hazewinkel-Suringa, ada beberapa batasan yang dapat menentukan hukum pidana, yaitu:

Suatu undang-undang yang terdiri dari aturan-aturan yang berisi keharusan dan larangan, yang ditetapkan oleh pembuat undang-undang dan dikaitkan dengan hukuman berupa hukuman berupa penderitaan pribadi.

Pdf) Pertanggungjawaban Pidana Pelaku Tindak Pidana Pencabulan Sesama Jenis Pada Anak

Mezger mengartikan hukum pidana dengan cara yang lebih sederhana, yaitu aturan-aturan hukum yang mengatur suatu perbuatan tertentu, memenuhi syarat-syarat tertentu, dan mempunyai akibat suatu perbuatan pidana.

Muiljatno menuliskannya dengan sangat jelas, yaitu hukum pidana dapat dianggap sebagai bagian dari semua peraturan perundang-undangan yang berlaku di suatu negara, dan memuat kaidah-kaidah dasar dan peraturan tentang apa yang tidak boleh dilakukan, serta larangan dan ancaman pidana bagi mereka yang melakukannya.

Aturan yang terkandung di dalamnya termasuk kapan dan dalam kasus apa hukuman dapat diterapkan kepada mereka yang melanggarnya dan bagaimana denda pidana dapat dikenakan. Dengan melihat pengertian-pengertian di atas, maka dapat ditentukan pengertian hukum pidana,

Pidana Tambahan: Definisi Dan Jenis-jenisnya

Artinya, hukum yang mengatur perintah dan larangan masyarakat dalam tindakannya sebagai warga negara yang didikte oleh lembaga negara yang berwenang dan yang memberikan hukuman berat bagi mereka yang melanggarnya.

Optimalisasi Sanksi Pidana

Bisakah negara berfungsi tanpa hukum ini? Untuk menjawab pertanyaan ini, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui peran dan tugas penegakan hukum pidana di suatu negara.

Bayangkan jika masyarakat dibebaskan dari segala peraturan yang ada. Tentunya orang akan melakukan apapun yang mereka inginkan terlepas dari kepentingan orang lain dan publik, bukan?

Sudarto membagi hukum pidana menjadi dua fungsi yaitu fungsi publik dan fungsi privat. Fungsi umum hukum pidana adalah mengatur kehidupan masyarakat dan menegakkan aturan-aturan dalam masyarakat.

Sedangkan fungsi khusus hukum pidana adalah melindungi harta kekayaan hukum dari perbuatan yang harus dilanggar, dengan sanksi berupa hukuman yang bersifat wajib dan mengikat. Kepentingan hukum dalam hal ini meliputi individu dan kelompok (masyarakat, negara, dll).

Rekomendasi Buku Hukum Pidana Terbaik (terbaru Tahun 2023)

Hukum pidana di bawah H.L.A. Sudah menjadi tugas Harto untuk melindungi masyarakat dari segala kejahatan yang timbul akibat melanggar hukum. Menurutnya, hukum pidana tidak bertujuan untuk mengoreksi penjahat tetapi untuk mencegah orang melakukan kejahatan.

Wilkins memiliki pandangan yang cukup spesifik tentang tujuan hukum pidana. Menurutnya, tujuan utama diundangkannya hukum pidana adalah untuk memperkecil kemungkinan pelaku kejahatan mengulangi perbuatannya.

Dari pendapat beberapa ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa hukum pidana mempunyai dua fungsi pokok, yaitu preventif (pencegahan) dan represif (pengendalian).

Pidana Tambahan: Definisi Dan Jenis-jenisnya

Hal ini dilakukan agar masyarakat patuh dan menghormati aturan yang ada, sehingga diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang ideal: tertib, damai, adil dan sejahtera.

Silabus Hukum Pidana

Hukum pidana sebenarnya mengandung turunan atau sejenis hukum di dalamnya. Ada dua jenis, yaitu hukum pidana umum dan hukum pidana privat. Hukum pidana umum mengacu pada hukum pidana yang berlaku untuk semua masyarakat (berlaku untuk semua orang, tanpa memandang kelas, status, dll).

Sumber hukum pidana jenis ini bersumber dari Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), baik dari hukum pidana dalam hal ketentuan umum maupun hukum pidana dalam hal pelanggaran ringan. Sedangkan hukum pidana perdata mengacu pada aturan hukum pidana yang menyimpang dari hukum pidana umum dan berlaku khusus untuk orang-orang tertentu.

Penyimpangan dari hukum pidana umum berarti ketentuan itu hanya berlaku bagi badan hukum tertentu dan hanya mengatur perbuatan-perbuatan tertentu.

Hukum pidana tidak memiliki aturan sendiri, tetapi mengadopsi aturan dalam undang-undang lain seperti hukum tata negara, hukum perdata, dan sebagainya.

Pdf) Pertanggungjawaban Pidana Pers Melalui Media On Line Dikaitkan Pasal 310 Kitab Undang Undang Hukum Pidana

Hukum pidana juga, dalam arti sebagai alat kontrol sosial, cenderung bersifat sekunder ketika hukum pidana harus diterapkan atau digunakan jika upaya hukum lain dianggap tidak cukup.

Jadi dari mana aturan yang ditetapkan ini berasal? Terdapat berbagai sumber hukum pidana yang berlaku di Indonesia, salah satunya adalah modern.

KUHP merupakan sumber utama hukum pidana Indonesia. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa hukum pidana yang dapat menjadi sumber hukum pidana adalah hukum pidana dalam ketentuan umumnya, hukum pidana dalam masalah tindak pidana dan hukum pidana dalam pelanggaran ringan.

Pidana Tambahan: Definisi Dan Jenis-jenisnya

Undang-undang ini memuat aturan untuk tindak pidana khusus seperti pemberantasan tindak pidana korupsi, kekerasan dalam rumah tangga, narkoba, dan lain-lain.

Hukum Perdata Adalah Apa? Ini Pengertiannya Menurut Para Ahli

Di beberapa daerah, untuk perbuatan yang tidak diatur dalam peraturan tertulis seperti KUHP atau undang-undang lainnya, keberadaan hukum pidana adat di suatu daerah masih berlaku.

Masih ingat dengan penjelasan sebelumnya bahwa hukum pidana mencantumkan hukuman yang berat bagi yang melanggar aturan?

Menurut apa yang tertulis dalam Pasal 10 KUHP, ada beberapa jenis hukuman atau hukuman yang dapat dijatuhkan kepada mereka yang dinyatakan bersalah melanggar ketentuan KUHP.

Beranjak dari jenis-jenis hukuman tersebut, maka hukuman hukum pidana termasuk hukuman yang sangat mengikat dan mengikat setiap warga negara karena dapat mempengaruhi harta benda dan kehormatan fisik,

Ray Pratama Siadari, S.h.,m.h.: Cara Mudah Belajar Hukum Pidana Melalui Ilustrasi Gambar Dan Bagan

Pengertian Pidana Tambahan

Apa yang Dimaksud dengan Pidana Tambahan?

Pidana tambahan adalah jenis hukuman yang ditambahkan kepada pelaku tindak pidana selain dari hukuman utama yang sudah diatur dalam hukum pidana. Hukuman utama adalah hukuman yang sesuai dengan kejahatan yang dilakukan, seperti pidana penjara atau denda. Pidana tambahan diberikan sebagai tambahan hukuman guna memberikan efek jera kepada pelaku tindak pidana, mencegah terjadinya kejahatan yang sama di masa depan, serta memulihkan korban atau masyarakat yang terdampak oleh tindak pidana.

Hukuman tambahan dapat dijatuhkan berdasarkan ketentuan yang diatur dalam KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana) Indonesia. Pidana tambahan merupakan upaya hukum untuk memberikan sanksi lebih kepada pelaku tindak pidana agar tanggung jawab mereka lebih terasa.

Contoh-contoh Pidana Tambahan

Ada beberapa jenis pidana tambahan yang dapat dijatuhkan kepada pelaku tindak pidana sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Beberapa contoh pidana tambahan yang umum dikenal antara lain:

1. Pencabutan Hak-hak Tertentu

Pidana tambahan berupa pencabutan hak-hak tertentu dapat dijatuhkan kepada pelaku tindak pidana. Contohnya, pelaku tindak pidana korupsi dapat diberi pidana tambahan berupa pencabutan hak untuk menjadi calon anggota legislatif atau hak memperoleh pengampunan atau abolisi. Selain itu, pelaku tindak pidana terorisme juga dapat dikenakan pidana tambahan berupa pencabutan hak untuk menjadi anggota militer atau polisi.

2. Perampasan Barang-Barang Tertentu

Pidana tambahan berupa perampasan barang-barang tertentu juga dapat dijatuhkan kepada pelaku tindak pidana. Perampasan barang-barang tertentu dilakukan jika barang-barang tersebut terkait dengan atau digunakan dalam melakukan tindak pidana. Misalnya, jika seseorang terbukti melakukan tindak pidana narkotika, pengadilan dapat memerintahkan perampasan barang berupa narkotika, alat atau perlengkapan yang digunakan untuk membuat, memproduksi, atau mengedarkan narkotika, serta hasil atau keuntungan yang diperoleh dari tindak pidana tersebut.

3. Pengumuman Putusan Hakim

Pidana tambahan berupa pengumuman putusan hakim juga dapat dijatuhkan dalam beberapa kasus tertentu. Pengumuman putusan hakim dilakukan sebagai pidana tambahan jika tindak pidana yang dilakukan merugikan reputasi baik individu maupun lembaga. Pengumuman putusan hakim bertujuan untuk memberikan sanksi moral kepada pelaku tindak pidana serta memberi tahu masyarakat mengenai kejahatan yang terjadi dan putusan yang dijatuhkan.

Inilah beberapa contoh pidana tambahan yang dapat diberikan kepada pelaku tindak pidana sebagai bentuk sanksi lebih dan upaya untuk memulihkan kerugian yang ditimbulkan oleh kejahatan. Jenis dan penerapan pidana tambahan diatur dalam KUHP dan proses hukum yang berlaku.

Tindak pidana merupakan suatu bentuk pelanggaran hukum yang dapat diberikan pidana tambahan setelah pelaku tindak pidana dinyatakan bersalah. Pidana tambahan memiliki tujuan untuk memberikan efek jera kepada pelaku tindak pidana dan mencegah terjadinya ulang tindak pidana yang sama.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DISKLAIMER: Konten yang disajikan di situs ini bertujuan untuk memberikan klarifikasi atas berbagai informasi hoaks yang beredar di internet. Kami tidak bertanggung jawab atas kebenaran atau kesalahan informasi yang diberikan oleh pihak lain.

Kami berusaha sebaik mungkin untuk memeriksa kebenaran setiap informasi sebelum disajikan, namun tidak dapat menjamin keakuratan dan kelengkapan informasi tersebut. Penggunaan informasi yang disajikan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembaca. Kami juga tidak bertanggung jawab atas konsekuensi apapun yang terjadi akibat penggunaan informasi yang disajikan di situs ini.

Ā© 2023 AwasHoax!